kualitas sarung tangan motor

8 Kriteria dalam Memilih Sarung Tangan Motor

Salah satu aksesoris utama yang pengendara kendaraan roda dua adalah sepasang sarung tangan motor.

Begitu pentingnya hingga siapa saja yang mengendarai motor tanpa sepasang sarung tangan disarankan untuk naik kendaraan umum bila masih sayang keluarga.

Lucu tapi bayangkan hal dibawah ini…

Ketika meluncur di jalan raya, secara otomatis adrenalin di dalam tubuh mulai terpicu, dan ini membuat bagian tertentu tubuh mulai berkeringat, khususnya pada tangan (apalagi bagi yang memiliki gen bawaan/turunan tangan yang mudah berkeringat).

Tangan yang berkeringat mempengaruhi kekuatan genggaman pada stang sepeda motor.

Mungkin pengaruhnya bagi sebagian pengendara motor tidak terlalu signifikan.

Namun, pengaruh sekecil apapun akan berakibat fatal bila si pengendara motor harus mengambil tindakan mendadak akibat kejadian yang cepat dan tak terduga di depan jalan yang dilalui… Jangan sampai api yang kecil dan tidak berbahaya jatuh ke genangan bensin.

Dalam membeli sarung tangan motor, utamakan kehandalan dan kenyamanan sebelum mempertimbangkan fitur-fitur tambahan lainnya.

1. Tangan sensitif

Sarung tangan yang berbahan mahal dan modern belum tentu cocok dengan tangan Anda.

Anda mengetahui apakah tangan Anda sensitif (mudah berkeringat, lecet dan sebagainya), lalu pastikan bahan apa (nilon, kulit, microfiber kain) yang cocok bagi tangan Anda.

Bila tangan Anda mudah sekali berkeringat, sebaiknya mencari bahan yang berdesain breathable stretch.

2. Ukuran tangan

Pastikan sarung tangan pas di tangan Anda. Membeli sarung tangan yang ukurannya lebih besar atau lebih kecil dari tangan Anda akan mempengaruhi kehandalan (safety) dan kenyamanan berkendara.

Sarung tangan yang pas bukan hanya berada pada cengkraman jari-jari, tapi juga pada pergelangan tangan sehingga lebih baik mencari sarung tangan yang bagian pergelangan tangan dapat diatur dengan fleksibel.

3. Cengkraman

Walaupun otot tangan Anda cukup kuat, namun kekuatan otot telapak dan jari tangan tidak digunakan secara kontinue saat berkendara.

Lakukan tes sebagai berikut: Gunakan sarung tangan motor Anda, lalu tarik pipa besi (atau sejenisnya) yang tertanam cukup kuat di tanah. Tujuannya bukan untuk menarik pipa tersebut dari dalam tanah, tapi apakah cengkraman tangan Anda berpindah tempat atau bergeser.

4. Proteksi tambahan

Perlindungan tambahan di bagian punggung, jari luar dan telapak tangan bisa dalam bentuk dual-layer leather (atau yang sejenishnya), foam atau knuckle.

5. Kegunaan

Apakah sarung tangan motor digunakan untuk kegiatan outdoor lainnya selain berkendara?

Dengan demikian, jangan memaksakan membeli sarung tangan setengah-jari hanya untuk gaya padahal kegiatan outdoor lainnya tidak ada kecuali berkendara sampai tempat tujuan (apalagi dengan jarak yang cukup jauh dan di bawah sinar matahari).

6. Kerapihan jahitan

7. Perawatan

8. Harga

Setelah tujuh fitur-fitur utama dipertimbangkan, saatnya menyesuaikan merek, style, warna dan fitur tambahan lainnya dengan anggaran keuangan.

Iklan

3 thoughts on “8 Kriteria dalam Memilih Sarung Tangan Motor

  1. Thanks. Kedepannya sebelum membeli saya akan pertimbangkan hal-hal di atas. Sebenarnya sudah tahu, tapi ya namanya juga manusia, sering lupa point-point tsb, apalagi kalo sudah lihat barang yang “kelihatannya” bagus.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s